KAKTUS

Identik dengan tanaman daerah gurun yang berduri. Walaupun demikian, kaktus memiliki cukup banyak penggemar. Bentuknya yang unik dan beraneka ragam menyebabkan kaktus memberikan keindahan tersendiri bagi penggemarnya. Umumnya, kaktus tidak memiliki daun.

· SYARAT TUMBUH :

Sebagai tanaman padang pasir, kaktus tidak terlalu membutuhkan air. Kaktus cocok ditanam di lokasi yang curah hujannya kurang dari 60 mm perbulan, suhu udara 16 – 34 ˚ C, kelembapan 30 – 90 % dan intensitas cahaya matahari 50 – 80 %.

· MEDIA TANAM :

Media harus porous. Campuran media tanam yang sesuai antara lain tanah, kompos dan pasir (1:1:1); tanah, pupuk organik, dan pasir (1:1:1); atau pasir kasar, potongan batang pakis, dan pupuk kandang (2:1:1).

· PENYIRAMAN :

Sesuai karakternya yang dapat menyimpan cadangan air, tanaman ini hanya perlu disiram jika media tanam benar-benar kering. Bahkan, ketika musim hujan tanaman hanya perlu disiram dua kali sebulan.

· PEMUPUKAN :

Cukup menggunakan pupuk slow release seperti Dekastar yang ditaburkan ke media tanam dengan dosis 5 gram per tanaman. Berikan tiga bulan sekali.

· TIP DAN TRIK :

a. AGAR CEPAT BERBUNGA

Memiliki kaktus berbunga tentu kebanggaan tersendiri. Munculnya bunga pada kaktus bisa distimulasi dengan menciptakan perbedaan suhu yang mencolok, yakni perbedaan suhu siang dan malam mencapai 12˚ C. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menempatkan tanaman ditempat yang terkena sinar matahari langsung pada siang hari dan memindahkan ke tempat yang lembap, seperti kamar mandi pada malam hari. Cara lain yang bisa dilakukan dengan memberi pupuk perangsang bunga dan zat pengatur tumbuh sesuai kebutuhan.

b. MENCEGAH KAKTUS BUSUK

Hindari menyiram tanaman ketika media tanam masih basah. Hindari juga menyiram batang kaktus. Lakukan penyiraman pada medianya saja.

Comments

Popular posts from this blog

Sorgum sebagai Sumber Pangan dan Bahan Baku Bioetanol

CARA MERAWAT BAMBU REJEKI SI PEMBAWA HOKI

TUJUAN PENGEMBANGAN SORGUM DI INDONESIA